A Story Sadder Than Sadness / More Than Blue (Seulpeumboda Deo Seulpeun Iyagi) (2009) Review Indonesia

"Film tentang pengorbanan yang menyayat hati"
Film sedih lagi hahaha. Kan udah aku bilang kalau aku pecinta film sedih lol. Kali ini aku mau review film A Story Sadder Than Sadness / More Than Blue. Dari cover dan judulnya aja udah pasti ketebak kalau ini film sedih. Ini film sedih kedua yang aku suka banget (yang pertama A Moment to Remember). Film ini aku tonton waktu masih sma kelas 2, aku nonton ini sebenernya karena Kwon Sang Woo. Ada yang tau drama Stairway To Heaven (2003)? Itu drama sedih banget (sedih lagi). Itu drama nya Kwon Sang Woo dan Choi Ji Woo. Drama yang pertama kali aku tonton dan ngebuat aku gila korea. Inget banget waktu jaman smp, dimana jiwa main sama temen itu masih tinggi banget, tapi aku relakan cepet-cepet pulang kerumah cuma buat nonton drama ini di salah satu tv nasional karena dulu belum tau streaming dll. Paling parah kalau sudah cepet-cepet pulang eh mati lampu, sumpah sampe badmood nangis gitu hahahha. Jadi...... (kok jadi melenceng gini) karena drama itulah aku ngefans berat sama Kwon Sang Woo sebelum ketemu Jung Woo Sung (loh) dan ketemulah sama film ini. 😆 Oke oke sekarang balik ke topik.

Apakah kamu pernah merasa begitu mencintai seseorang sampai kamu selalu ingin melihat ia bahagia bahkan jika itu bukan denganmu? Apakah kamu pernah ingin melakukan apapun untuk orang yang kamu cintai? Apakah kamu pernah mendengar kalimat "cinta tak harus memiliki" "cinta butuh pengorbanan" ? Kata-kata yang klise tapi benar-benar ada. Kalau kamu mencintai seseorang dengan tulus, hanya dengan melihat orang yang kamu cintai bahagia saja sudah membuatmu bahagia, itu namanya cinta. Apalagi rela melihat orang yang kamu cintai bersama dengan orang lain... itu adalah level tertinggi dalam hal mencintai.

Film ini mengajarkan kita kalau cinta itu tak harus memiliki dan cinta yang tulus itu butuh pengorbanan. Walaupun kita sangat mencintai seseorang sepenuh hati tapi jika kamu tak sanggup membahagiakannya, relakan. Tapi sebelum kalian merelakannya, katakan padanya bahwa kamu mencintainya agar tidak menyesal dikemudian hari dan bisa merelakannya dengan lapang dada. Film ini mempunyai arti yang mendalam dengan berbagai macam pesan moral didalamnya, tapi juga perlu dicerna terlebih dahulu. Aku udah nonton ini film lebih dari 15x kayaknya (serius ngk lebay). Tanpa basa basi lagi, mari mereviewnya, menontonnya dan menangis bersama lol.

★★★★★★★★☆☆
Judul : A Story Sadder Than Sadness / More Than Blue (Seulpeumboda Deo Seulpeun Iyagi)
Sutradara : Won Tae Yeon
Penulis : Won Tae Yeon
Produser : Kim Gwang Soo, Jo Won Jang, Kim Jang Ryeol
Tanggal Rilis : 12 Maret 2009
Durasi : 105 Menit
Genre : Romantis / Melodrama
Perusahaan Produksi : Mnet Media, Core Content Media
Distributor : Showbox
Bahasa : Korea
Negara : Korea Selatan

Pemeran Utama.
Kwon Sang Woo -- K
Lee Bo Young -- Cream
Lee Beom Soo -- Cha Joo Hwan
Jung Ae Yeon -- Jenna

Pengantar.
Film More Than Blue / A Story Sadder Than Sadness (Sebuah cerita yang lebih menyedihkan daripada kesedihan ) adalah film debut dari sutradara dan penulis Won Tae Yeon. Film ini dirilis di korea tanggal 12 Maret 2009 dan menduduki box office domestik dengan 256.809 penonton pada minggu pertama penayangan. Pada tanggal 12 April telah meraup total pendapatan hingga US$3,577,302.

Sinopsis.
Cerita dimulai dengan seorang penyanyi Lee Seung Chul (himself) ingin mencari lagu untuk dinyanyikan sebagai ost sebuah drama. Kebetulan supir Seung Chul mempunyai sebuah lagu dari album tidak terkenal yang diberikan oleh temannya dan memutarnya di mobil. Seung Chul langsung suka dengan lagu tersebut dan berencana untuk mencari penulis lirik lagu tersebut yang diketahui bahwa penulis lagu sudah meninggalkan dunia musik. Akhirnya mereka menemui teman dari sang penulis lagu untuk menemuinya.

Tak disangka pertemuan mereka dengan teman dari sang penulis lagu malah membuka sebuah cerita menyedihkan dari sang penulis yang diketahui bernama Cream/Eun Won (Lee Bo Young).

Diceritakan Cream/Eun Won adalah seorang siswi sekolah menengah atas yang nakal dan suka merokok. Hampir ketahuan merokok, ia memberikan rokoknya kepada Chul Kyu (Kwon Sang Woo) yang habis berlari di lapangan dan membuat Chul Kyu di hukum pukul oleh gurunya karena ketahuan merokok. Karena kejadian itu, Chul Kyu jatuh cinta pada pandangan pertama dengannya.


Cream yang menaruh rokok di mulut K

K yang dihukum gurunya

Cream yang melihat K dihukum

Dirumah Chul Kyu, Cream membantu mengobati paha belakangnya yang habis dipukul oleh guru. Chul Kyu bertanya bagaimana ia bisa tahu namanya. Eun Won yang tidak peduli, balik bertanya apakah ia mau tinggal bersama dengannya dikarenakan tinggal di rumah yang luas sendirian adalah membuang waktu. Chul Kyu yang shock malah di cium oleh Eun Won tepat di bibirnya.


Cream yang mencium K

Mereka akhirnya tinggal bersama dengan Eun Won merenovasi segala perabotan rumah Chul Kyu. Mereka membuat nama panggilan masing-masing yakni K dan Cream. K memberi nama Cream karena dia dingin seperti ice cream, manis seperti ice cream serta lembut seperti ice cream.



K dan Cream bolos sekolah

Cream sakit dan dirawat oleh K

Saling mendukung satu sama lain

Menikmati kopi di hari hujan

Mereka hidup bahagia sebagai sahabat yang memiliki banyak kesamaan dan juga saling menyukai satu sama lain. Bertahun-tahun sudah terlewati dan K sudah menjadi produser radio sedangkan Cream menjadi penulis lagu. Tapi kebahagiaan mereka tak bertahan lama karena K mengetahui kalau dirinya mempunyai penyakit kanker dan sudah memasuki stadium akhir. K tak bisa mengatakan kalau dia sudah jatuh cinta pada Cream dan menyembunyikan  fakta tentang penyakitnya agar dia tak khawatir. K tahu hidupnya tak akan lama dan juga tahu kalau Cream tak bisa hidup tanpanya. Agar Cream tak kesepian ketika dirinya pergi, ia berusaha mencarikan Cream seorang pria yang baik dan sehat untuk dinikahinya.



K, Cream dan Joo Hwan

K menemui Joo Hwan

K bersama dengan Jenna

Cha Joo Hwan (Lee Beom Soo) seorang dokter gigi kaya raya yang tanpa sengaja bertemu dengan Cream di stasiun radio tempat K bekerja. Tiba-tiba Cream memberitahu K kalau dia jatuh cinta pada seseorang dan dia adalah dokter itu. Walaupun sakit hati, K tetap  senang dan merelakan Cream untuk bersama dengan Joo Hwan. K yang mencari tahu latar belakang serta kesehatan dokter itu pun mengetahui kalau Joo Hwan ternyata sudah memiliki tunangan yakni Jenna (Jung Ae Yeon) dan akan segera menikah dalam waktu dekat.


Berbagai cara dilakukan oleh K untuk memutuskan hubungan Joo Hwan dan Jenna agar Cream bisa bersama dengan Joo Hwan. Disinilah perjalanan dan perjuangan cinta K demi membuat wanita yang di cintainya bisa hidup bahagia walaupun bukan bersamanya.


Setelah menontonnya, kalian akan tau betapa sedihnya foto ini.

Apakah K bisa membuat hubungan pertunangan Joo Hwan dan Jenna hancur? Apakah Cream yang sebenarnya juga sudah jatuh cinta pada K bisa menikahi Joo Hwan? Bagaimana dengan Cream ketika K pergi? Jika ingin mengetahui kelanjutan cerita mereka, segeralah mendownload/menstreaming/membeli kaset/ meminjam dari teman kalian. Sekali lagi, jangan lupa menyediakan sekotak tisu dan mengunci kamar kalian seperti yang aku bilang kemarin.


Kelebihan.
Akting kedua pemeran utama begitu meyakinkan sehingga mampu mengiris hati penonton. Kwon Sang Woo mendapatkan banyak pujian dari aktingnya di film ini karena begitu menghayati perannya dengan baik. Terutama dibagian yang harus menunjukkan emosi. Ditambah Lee Bo Young, Lee Beom Soo dan para pemeran lain yang ikut memberikan akting yang sangat baik. Film yang cantik ini juga memberikan kejutan yang akan membuat penonton berkata ohhhhhhh my god 😭. Ohya satu lagi, film ini punya banyak sekali soundtrack yang bagus jadi kalian juga akan di manjakan dengan soundtrack yang ikut mendukung kesedihan film ini. Karena soundtrack yang bagus menambah nilai suatu film (ini terbukti kebenarannya).

Kekurangan.
Dibagian awal film ini terasa membosankan karena jalan ceritanya sedikit lambat. Film ini  juga mengusung tema flashback. Ada beberapa part dalam film yang cukup membuat bingung penonton sehingga penonton harus fokus saat menontonnya dan mengulang kembali untuk mengetahuinya. Untungnya sutradara maupun penulisnya mengemas film ini dengan sangat baik sehingga tidak begitu membuat bingung penonton.
Satu lagi kekurangannya, film ini akan membuat mata kalian sembab karena menangis (aku) oleh jalan ceritanya.

Kesimpulan.
Ceritanya simple tapi menghayat hati. Film ini menyampaikan banyak pesan moral untuk para pecinta diluar sana tapi perlu dicerna juga ya. Ada beberapa hal yang tap patut ditiru hahaha. Jalan ceritanya memang mudah ketebak di awal, tapi tidak di akhir. Saat sedang menikmati film ini kalian akan dibuat terkejut nantinya, jadi segerlah menonton filmnya. Chemistry mereka  yang alami juga dapet banget sehingga penonton ikut terhanyut dalam filmnya. Siap-siap untuk nyesek ya gaes hahaha.

Fun Fact.
💚Saat bermain film ini Kwon Sang Woo telah menikah dengan seorang aktris bernama Son Tae Young. Kwon Sang Woo menikah pada tanggal 28 September 2008 dan telah dikaruniai dua orang anak.
💚Lee Bo Young belum menikah saat bermain film ini. Tetapi sekarang dia telah menikah dengan seorang aktor Ji Sung pada tanggal 27 September 2013 dan telah dikaruniai satu orang anak.
(beda satu hari dengan Kwon Sang Woo dan tahunnya ya lol)
💚Lee Beom Soo belum menikah saat bermain film ini. Tetapi sekarang dia telah menikah dengan Lee Yoon Jin pada tanggal 2010 seorang wanita biasa bukan dari kalangan artis dan telah dikaruniai dua orang anak. Lee Boem Soo awalnya sudah menikah pada tahun 2003 tetapi hanya bertahan selama 4 bulan dan langsung bercerai.
💚Film ini di buat dengan anggaran dibawah US $ 2 juta, dengan ketiga pemeran utama (Kwon Sang Woo, Lee Bo Young, dan Lee Beom Soo) ikut menginvestasikan sebagian dari gaji mereka kedalam produksi film.
💚Kwon Sang Woo dan Lee Bo Young adalah teman baik.
💚Kwon Sang Woo bilang kalau akting dia di film ini mendapatkan inspirasi dari pernikahannya yang terjadi baru-baru ini. Dia bilang "saya pikir menikah memungkinkan saya untuk berpikir lebih dalam tentang bermain dalam peran melodramatis. K menantang keadaaanya untuk cinta, dan saya juga berpikir kalau saya juga akan melakukan yang sama jika berada di sepatunya/diposisinya."
💚Awalnya pemeran Jenna di perankan oleh aktris Choi Song Hyun. Tapi karena jadwal sang aktris yang bentrok maka digantikan dengan aktris Jung Ae Yeon.
💚Lee Seung Chul yang menjadi cameo di drama ini merupakan seorang penyanyi papan atas korea yang juga mengisi beberapa soundtrack di film ini. Suaranya bikin orang nangis!

Galeri.








































Info Link.
Kalau ingin download atau streaming filmnya klik disini.
Kalau ingin mendengar atau download soundtracknya klik disini.
Note: dengerin soundtrack Part 1 No. 4 dari Lee Seung Chul - 그런 사람 또 없습니다 (No One Else) *jangan nangis

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.