A Moment to Remember (Nae Meorisogui Jiugae) (2004) Review Indonesia

"Film tersedih dan terbaper yang pernah aku tonton."
Kenapa aku bisa bilang begini karena ini film memang sedih banget dan ngabisin tisu serta meninggalkan kebaperan dalam jangka waktu yang lama. Aku udah nonton ini film lebih dari 20x (serius ngk lebay) bukan hanya karena aku suka film sedih atau karena ngefans berat sama Jung Woo Sung. Aku ngefans sama dia setelah nonton ini film untuk pertama kalinya dan langsung masuk dalam list "ahjussi gue" lol. Overall ini film begitu luar biasa bagi aku dan meninggalkan kesan yang mendalam untuk yang menontonnya.

Dulu pertama kali nonton film ini tahun 2007. Waktu itu aku baru kelas 2 smp (ngk muda banget kan) lagi pergi ke mall untuk cari kaset karena stok film dirumah sudah habis. Dulu sih belum terlalu ngerti untuk streaming ataupun download film makanya masih suka beli kaset bajakan lol. Rencananya mau cari film yang sedih karena aku suka banget film genre sedih/melow gitu hahaha. Saat lagi nyari-nyari, ketemu lah dengan nih masterpiece. Cuma dengan ngeliat cover dan judul film nya aja udah tau kalau ini pasti film sedih. Langsung diambil lah kaset ini bersama dengan film-film sedih lainnya. Sesampainnya dirumah, langsung buka dvd dan nonton nih film. Cuma satu kata yang bisa aku simpulkan tentang ini film.. SEDIH. Coba aja nonton kalau ngk percaya, dijamin nangis dan ngk nyesel + baper (untuk yang suka film romantis sedih ya).

Sekian untuk obrolan sedikit pentingnya. Sekarang aku mau review film nya. Walaupun udah banyak banget yang review ini film karena memang film nya recomended, tetep aja aku mau review dan kritik dari sudut pandang aku hehehe.

★★★★★★★★★☆
Judul : A Moment to Remember (Nae Meorisogui Jiugae)
Sutradara : John H. Lee
Penulis : Kim Young Ha, John H. Lee
Tanggal Rilis : 5 November 2004
Durasi : 117 menit dan 145 menit
Genre : Romantis / Melodrama
Perusahaan Produksi : Sidus Pictures, CJ Entertainment
Distributor : CJ Entertainment
Bahasa : Korea
Negara : Korea Selatan

Pemeran Utama
Jung Woo Sung -- Choi Chul Soo
Son Ye Jin -- Kim Su Jin
Baek Jong Hak -- Seo Young Min

Pengantar.
Film A Moment To Remember (Nae Meorisogui jiugae/Penghapus dalam kepalaku) ini diadaptasi dari drama jepang tahun 2001 Pure Soul. Film ini mendapatkan kesuksesan secara domestik yang diperlihatkan dengan menduduki box office selama dua minggu berturut-turut dan menjadi film dengan keuntungan tertinggi kelima di korea selatan pada tahun 2004 dengan  2.565.078 penonton dan juga menjadi hit di jepang mengalahkan film korea yang pernah di rilis disana dengan keuntungan tertinggi menduduki box office ke-19 di jepang.

Sinopsis.
Kim Su Jin (Son Ye Jin) adalah seorang wanita yang pernah memiliki scandal percintaan dengan seorang pria beristri. Su Jin dan pria yang bernama Young Min (Baek Jong Hak) berencana untuk kabur bersama menggunakan kereta api. Su Jin yang sampai di stasiun menunggu lama tapi Young Min tak pernah muncul. Sambil menangis Su Jin membuang dua tiket itu bersama dengan masalalu nya.

Su Jin yang menangis di stasiun kereta api

Hidupnya kehilangan cahaya kala rasa bersalah yang begitu besar kepada keluarganya karena sudah kabur dari rumah hanya karena pria beristri walaupun keluarganya tetap menerimanya dengan lapang dada. Begitu juga dengan dikantor ia menjadi pembicaraan karena scandalnya itu.

Sedang dalam keadaan depresi Su Jin datang kesebuah minimarket untuk membeli sekaleng minuman cola, karena begitu depresi ia kelupaan membawa minumanya setelah ia bayar dan pergi begitu saja. Ditengah jalan ia ingat akan minumanya dan kembali ke sana. Disana ia berpapasan dengan seorang pria yang urak urakan memegang sekaleng minuman seperti miliknya, dilihatnya kedalam toko minumannya sudah tak ada. Ia yang berfikir kalau pria itu mengambil minumannya langsung merampas cola itu dari tangannya dan meminumnya sampai habis dan juga bersendawa dihadapan pria itu lalu pergi begitu saja lol. Meninggalkan sang pria yang hanya terdiam melihat apa yang terjadi dihadapannya. Su Jin yang akan naik bus mencari-cari dompetnya yang ternyata ikut ketinggalan di minimarket dan kembali kesana. Sesampainnya disana, kasir memberikan dompet beserta minuman cola yang dibelinya tadi. Merasa bersalah ia keluar untuk mencari pria yang dirampasnya tadi tapi tak menemukannya.

Su Jin yang berpapasan dengan Chul Soo

Chul Soo yang melihat Su Jin merampas minumannya

Su Jin yang meminum cola yang dirampasnya

Waktu berlalu dimana Su Jin melihat pria yang dirampas minumannya dulu ternyata merupakan pekerja ayahnya dan bernama Choi Chul Soo (Jung Woo Sung). Chul Soo adalah seorang mandor yang pemarah dan begitu perfeksionis. Dimana ia selalu ingin hasil yang dikerjakan sempurna tanpa cacat sedikitpun. Pertemuan kedua mereka ketika Su Jin membutuhkan pekerja untuk renovasi kantornya dan meminta pekerja dari ayahnya untuk membantu. Ternyata ayahnya mengirim Chul Soo untuk membantu, mereka berdua berpapasan didepan lift dimana Su Jin langsung berbalik arah dan bersembunyi dari Chul Soo.

Karena merasa bersalah akan kejadian dulu, Su Jin membeli sekaleng cola dari mesin minuman untuk diberikan kepada Chul Soo. Tapi sebelum minuman itu sampai ketangannya, cola itu dirampas oleh seseorang dibelakangnya yang ternyata adalah Chul Soo. Chul Soo mengulang kembali adegan dimana Su Jin merampas minumannya dengan meminum cola tersebut di depan wajahnya yang hanya berjarak 10 senti sampai habis dan bersendawa hahaha.

Chul Soo yang balik merampas minuman Su Jin

Chul Soo meminum cola nya sampai habis

Chul Soo bersendawa di hadapan Su Jin lol

Pertemuan tersebut menjadi awal mula hubungan mereka berdua yang berakhir saling jatuh cinta dan terus berlanjut hingga mereka menikah. Mereka hidup bahagia sampai ketika Su Jin menunjukkan gejala-gejala yang aneh seperti kepikunan yang begitu parah hingga ia memeriksakan diri ke dokter. Su Jin rutin datang memeriksakan diri hingga dia mendapatkan fakta kalau dirinya mengidap Alzheimer. Disinilah perjalanan kisah cinta dan kesetiaan mereka di uji.

Foto pernikahan Chul Soo dan Su Jin

Apakah yang akan terjadi kepada mereka? Apakah Chul Soo akan terus bersama dengan Su Jin? Dan bagaimana cara Chul Soo menghadapi ujian akan penyakit istrinya? Segeralah untuk menonton film ini dengan syarat sediakan sekotak tisu dan kuncilah kamar kalian jika sedang menonton dirumah kalau tidak ingin wajah tak fotogenik kalian yang menangis di abadikan kedalam foto, insta story, insta live/snapchat oleh oknum yang tidak bertanggung jawab di jaman now (sudah diuji kebenarannya).

Kelebihan.
Kedua pemeran utama benar-benar mampu mengaduk aduk perasaan penonton dengan akting mereka yang luar biasa hingga penonton terbawa suasana. Apalagi chemistry mereka berdua yang dapet banget sampai penonton menginginkan mereka untuk cinlok dan segera menikah beneran hahaha (setiap nonton pasti komentar "cinlok plis cinlok, nikah aja nikah" 😂). Jangan lupa dengan pemeran pendukung lainnya yang juga mengesankan penonton dengan akting mereka. Ada beberapa adegan dimana penonton akan dibuat menangis tak berhenti dengan akting kedua pemeran utama. Ditambah dengan jalan cerita yang menurut aku mudah di mengerti dan dikemas dengan baik untuk tidak membuat bingung penonton yang juga dilengkapi dengan soundtrack yang ikut mengiris hati. Dan tak lupa kalau film ini memberikan pesan moral tentang bagaimana memaafkan seseorang, kesabaran dan kesetiaan dalam kehidupan.

Kekurangan.
Kekurangan dari film ini adalah terlalu banyak adegan yang menyedihkan sehingga mengaduk-aduk emosi, jiwa dan raga hahahaha (kalau yang ngk suka film sedih ini adalah kekurangan) serta meninggalkan penonton dalam kebaperan. Satu lagi kekurangannya adalah.... tonton dulu saja dan anda akan tahu.

Kesimpulan.
Jika ingin menonton film sedih, romantis, yang bikin nangis bombay, yang bikin baper dan chemistry pemeran yang meyakinkan. Ini adalah film yang sangat tepat untuk anda. Jika anda tidak suka hal-hal di atas mungkin anda perlu berfikir dua kali sebelum menontonnya eh tiga kali deng. Btw ini film untuk 16 tahun ke atas ya karena ada beberapa adegan yang yaaa ngk cocok untuk ditonton anak kecil (karena dulu aku ngk dapet peringatan jadi dulu nontonnya saat umur 13 tahun lol). Selamat Menonton.

Fun Fact.
💚Film ini sebenarnya ada dua versi.
Versi pertama yakni yang berdurasi 117 menit dan versi kedua yakni berdurasi 145 menit. Perbedaanya terdapat di durasi film nya dan juga soundtracknya. Ceritanya sama, kecuali ada beberapa adegan yang lumayan tak penting di versi 145 menit dipotong hingga menjadi versi 117 menit. Kalau saya pribadi, lebih suka yang 117 menit karena dilengkapi dengan soundtrack yang bagi saya pas banget di beberapa adegan. Sedangan yang 145 menit lebih banyak menggunakan instrumental dan lagunya menurut saya sedikit kurang pas (kalian akan tahu setelah menonton keduanya).
💚Saat bermain film ini Jung Woo Sung berumur 31 tahun dan Son Ye Jin berumur 22 tahun.
💚Jung Woo Sung dan Son Ye Jin sama-sama belum memiliki kekasih ataupun pasangan hidup sampai 2017 ini. Yes!! 👏
💚Son Ye Jin diberikan gelar Nation's First Love di korea setelah bermain di film ini.
💚David Lee McInnis yang menjadi peran antagonis di drama Descendants of The Sun menjadi cameo di film ini sebagai model.

💚Ada beberapa film yang terinspirasi, mempunyai jalan cerita yang hampir sama, maupun memiliki unsur kesamaan dengan film ini:
  • 2001 Drama Jepang Pure Soul (Diperankan oleh Hiromi Nagasaku dan Ogata Naoto)
  • 2002 Film Amerika Serikat A Walk to Remember (Diperankan oleh Shane West dan Mandy Moore)
  • 2004 Film Amerika Serikat The Notebook (Diperankan oleh Ryan Gosling dan Rachel McAdams)
  • 2007 Drama Jepang An Eraser In My Head (Diperankan oleh Kyoko Fukada dan Mitsuhiro Oikawa)
  • 2008 Film Bollywood U Me Aur Hum (Diperankan oleh Ajay Devgan dan Kajol)
  • 2011 Drama Korea Selatan A Thousand's Days (Diperankan oleh Kim Rae Won dan Soo Ae)
  • 2012 Film Turki Evim Sensin (Diperankan oleh Ozcan Deniz dan Gizem Denizci
  • 2012 Film Malaysia Selagi Masih Ada (Diperankan oleh Beto Kusyairi dan Tunku Norhanis)
  • 2016 Film Korea Selatan Don't Forget Me (Diperankan oleh Jung Woo Sung dan Kim Ha Neul)

Foto.
Ini sedikit foto-foto mereka yang saya bagikan agar kalian memiliki pemikiran yang sama dengan aku. Dua kata... Mereka Cocok. Sekian. ❤


































Info link.
Kalau ingin download atau streaming filmnya klik disini.
Kalau ingin mendengar atau mendownload soundtracknya klik disini.
Note: dengerin soundtrack yang judulnya "A Moment to Remember - Min Sol"
Ini soundtrack nya yang versi 117 menit. *jangan nangis





                                                                                                                     Mau kenal aku klik JYA. ✌

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.